Selasa, 24 September 2013

Penyebab Menurunnya Kualitas Sperma

Jika Anda belum dikaruniai momongan, sebaiknya perhatikan gaya hidup pasangan. Sebaiknya suami menghindari empat hal berikut ini agar kualitas spermanya sempurna.

Jika Anda belum dikaruniai momongan, sebaiknya perhatikan gaya hidup pasangan. Gaya hidup yang tidak sehat bisa mempengaruhi kualitas spermanya.

Kualitas sperma yang kurang baik tentunya memperkecil Anda hamil usai berhubungan intim. Jadi sebaiknya minta suami untuk menghindari empat hal ini agar kualitas spermanya sempurna:




1. Soda
Sebuah studi pada 2010 di Denmark menemukan bahwa mengonsumsi soda dapat mengurangi kualitas sperma. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pria yang mengonsumsi lebih dari 20 kaleng soda seminggu atau tiga kaleng dalam sehari cenderung memiliki jumlah sperma yang sedikit.

2. Kacang Kedelai
Sebuah penelitian dalam jurnal Endokrinologi Molekuler and Cellular menjelaskan bahwa mengonsumsi kacang kedelai untuk jangka panjang, dapat menurunkan jumlah sperma. Penelitian tersebut dilakukan terhadap tikus jantan dan menunjukkan bahwa kedelai yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan 25% sperma dari jumlah normal. Para ilmuwan juga mencatat perubahan dalam gen yang terlibat dalam motilitas sperma pada tikus yang mengkonsumsi kedelai. Para peneliti menduga bahwa isoflavon kedelai dapat menurunkan kualitas sperma.

3. Suhu Panas
Suhu di sekitar kantung kemaluan (skrotum) yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kualitas sperma menjadi tidak maksimal. Suhu yang terlalu tinggi ini biasanya disebabkan karena terlalu sering menggunakan sepeda motor, di mana dudukannya terpapar langsung oleh sinar matahari, atau kebiasaan menggunakan celana dalam atau celana berbahan dasar kain yang tebal sehingga menyebabkan suhu di sekitar kemaluan meningkat.

4. Rokok
Rokok sudah terbukti sebagai penyebab disfungsi ereksi pada pria. Seperti dikutip quitsmokking, rokok menyebabkan menurunnya kadar hormon testosteron dalam darah. Padahal hormon tersebut mempengaruhi kemampuan pria untuk ereksi.

Pada pria, rokok juga bisa membahayakan sperma dan merusak kualitas calon bayi, seperti yang diungkapkan sekelompok peneliti asal Kanada. Menurut penelitian tersebut, rokok berpotensi mengubah rangkaian DNA dari sel sperma. Yang mengejutkan, hal ini juga akan menurun pada calon bayi.

Bila info Penyebab Menurunnya Kualitas Sperma ini menurut anda menarik, jangan Lupa Komentari, share ke facebook, twitter, G+, atau ikuti via email anda...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar