Jumat, 15 Juni 2012

French Kiss Bisa Tularkan AIDS ?

Apakah ciuman menggunakan mulut atau ciuman ala french kiss dapat menularkan penyakit AIDS? Jika ternyata tidak bisa, apakah ada risiko penyakit berbahaya lainnya yang bisa ditularkan?

Selain itu jika laki laki di oral oleh perempuan, jika perempuannya mengidap AIDS apakah dapat menularkan kepada lelakinya melalui hubungan sex oral tersebut?

Penularan virus HIV-AIDS hanya terjadi bila ada kontak-darah atau cairan seperti cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu dengan penderita AIDS. Sedangkan cairan yang tidak menularkan virus HIV adalah cairan keringat, air liur, air mata dan lain-lain. Jadi penularan melalui ciuman tidak terjadi.


Konon, pernah terjadi seorang dokter spesialis bedah di Paris, Perancis, tertular HIV-AIDS ketika melakukan operasi usus-buntu pada pasiennya yang mengidap HIV-AIDS. Saat operasi, sarung tangannya tergores pisau bedah hingga melukai tangan sang-dokter. Pisau bedah tersebut mengandung darah pasiennya, hingga terjadilah kontak darah. Jelasnya, terjadinya kontak darah tidak selalu melalui aktivitas-seksual, seperti terjadi pada dokter spesialis bedah di kota Paris, yang saat ini sudah almarhum yang berbahaya seperti transfusi darah.

Intinya yang bisa memicu penularan HIV AIDS adalah:

1. Hubungan seks, terutama melalui anus (anal)
Orang yang punya penyakit infeksi jika memiliki luka atau ada cairan dari tubuh yang keluar maka bisa 10 kali menularkan potensi HIV kepada pasangannya lewat hubungan seks. Perilaku gonta ganti pasangan seks tanpa menggunakan kondom juga sangat berisiko. Lakukan hubungan seks yang aman.

2. Penggunaan bersama jarum suntik yang terkontaminasi oleh pemakai narkoba atau perawatan kesehatan
Jarum suntik yang sudah dipakai bisa mengandung cairan dari pemakainya. Kebiasaan seperti ini yang banyak digunakan pemadat. Padahal jarum suntik hanya sekali pakai.

3. Transfusi darah
Penularan melalui transfusi darah risikonya sangat tinggi, maka itu bank darah biasanya akan mengecek berulang-ulang pada darah yang digunakan pasien melalui skrining yang ketat.

4. Antara ibu dan bayinya selama masa hamil, kelahiran dan masa menyusui
Ibu hamil yang punya penyakit HIV berisiko tinggi menularkan ke bayinya saat masa hamil, bersalin dan menyusui.

Penularan HIV dari ibu hamil ke anak bisa terjadi karena infeksi melewati plasenta, saat proses persalinan atau menyusui. Sumber infeksi ini bisa dari darah ibu, plasenta, cairan amnion dan ASI.

5. Terjadinya luka akibat pemakaian benda yang bersamaan seperti silet, pisau cukur juga bisa menularkan HIV. Jadi hindari penggunaan barang-barang seperti itu bergantian, lebih baik punya sendiri, kecuali benda-benda itu sudah disterilkan.

Sedangkan Lips-kissing, French-kisses serta Fellatio (seks-oral yang dilakukan wanita pada pria) yang terjadi dengan penderita AIDS, selama tidak terjadi kontak-darah tidak akan menimbulkan penularan. Risiko tertular tetap harus dicermati, karena amat sulit memastikan tidak terjadi kontak-darah. Gunakan selalu kondom bila melakukan hubungan seksual 'extra-marital'.

Bila info French Kiss Bisa Tularkan AIDS ? ini menurut anda menarik, jangan Lupa Komentari, share ke facebook, twitter, G+, atau ikuti via email anda...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar